Siapa sih yang gak tau ms. Excel/
pasti semuanya udah tau kan..
Nah, disini aku akan bahas
rumus-rumus dasar di dalam ms. Excel
Sebelumnya coba lihat contoh daftar nilai disini!
1.
Fungsi
SUM
Fungsi
SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Misalnya untuk
menjumlahkan range data C10 sampai G10, maka rumusnya adalah =SUM(C10:G10)kemudian
tekan tombol Enter.
2.
Fungsi
Average
Fungsi
ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range). Misalnya
untuk mengisi nilai rata-rata dari range data C10 sampai G10, maka rumusnya
adalah =AVERAGE(C10:G10) kemudian tekan tombol Enter.
3.
Fungsi
Max
Fungsi
ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Misalnya
untuk mencari nilai maksimal dari range data C10 sampai G10, maka rumusnya
adalah =MAX(C10:G10)kemudian tekan tombol Enter.
4.
Fungsi
Min
Fungsi
Min adalah kebalikan dari fungsi Max, jika fungsi Max untuk mencari nilai
tertinggi atau maksimal maka Min adalah untuk mencari nilai terkecil dari
sekumpulan data numerik. Sebagai contoh untuk mencari nilai terendah dari range
data C10 sampai G10, maka rumusnya adalah =MIN(C10:G10)kemudian tekan tombol
Enter.
5.
Fungsi
Logika IF
Fungsi
ini digunakan untuk menentukan tingkat lulus/tidak lulus atau tuntas/tidak
tuntas siswa dalam hasil belajar.
Lambang
Fungsi
=
Sama dengan
<
Lebih kecil dari
>
Lebih besar dari
<=
Lebih kecil atau sama dengan
>=
Lebih besar atau sama dengan
<>
Tidak sama dengan
Dengan adanya fungsi IF, kita tak perlu lagi menghitung keterangan satu per satu. Kita hanya perlu menerapkan rumus logika IF di salah satu kolom dan menariknya kebawah untuk mendapatkan hasil logika di kolom yang lain. Sebagai contoh, dengan data di atas, kita diminta untuk mengisi kolom keterangan dengan predikat lulus atau tidak. Ketentuannya adalah:
- Apabila rata-rata pada sel I10 lebih dari 75, maka dinyatakan Lulus
- dan apabila kurang dari 75 dinyatakan tidak lulus.
Dari penerapan di atas, kita memperoleh rumus:
Dengan adanya fungsi IF, kita tak perlu lagi menghitung keterangan satu per satu. Kita hanya perlu menerapkan rumus logika IF di salah satu kolom dan menariknya kebawah untuk mendapatkan hasil logika di kolom yang lain. Sebagai contoh, dengan data di atas, kita diminta untuk mengisi kolom keterangan dengan predikat lulus atau tidak. Ketentuannya adalah:
- Apabila rata-rata pada sel I10 lebih dari 75, maka dinyatakan Lulus
- dan apabila kurang dari 75 dinyatakan tidak lulus.
Dari penerapan di atas, kita memperoleh rumus:
=IF(I10:I24>75,"LULUS","TIDAK
LULUS")
Rumus
tersebut ditulis dikolom J10 kemudian tekan Enter. Rumus tadi akan berubah
menjadi keterangan sesuai yang diminta oleh rumus.
SEMOGA BERMANFAAT :)
0 komentar :
Posting Komentar